Manfaat Sehat Teh Hijau

Banyak orang kurang menyukai teh hijau daripada teh hitam, padahal kandungan kafein pada teh hijau lebih kecil dibandingkan dengan teh hitam. Oleh karena itu, Sobat Female sebaiknya mengetahui apa saja manfaat sehat teh hijau bagi tubuh kita.

1. Membantu mengurangi kadar kolesterol jahat

Kandungan tanin dalam teh hijau membantu mengurangi kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) dalam tubuh. Kolesterol jahat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyumbatan arteri yang menimbulkan penyakit jantung dan stroke. Adanya kandungan katekin dalam teh hijau juga akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus.

2. Sebagai kontrol berat badan dan mengurangi reaksi alergi

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang dikenal dengan polifenol katekin. EGCG (epigallocatechin gallate) dalam teh hijau ini akan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori sehingga membantu menurunkan berat badan. EGCG juga menghasilkan histamin dan imunoglobulin, yang merupakan senyawa yang menghasilkan respon terhadap alergi sehingga dapat membantu menghentikan reaksi dari suatu alergen.

3. Menyehatkan kulit

Teh hijau mengandung antioksidan dan sejumlah senyawa yang menyehatkan kulit dan membantu kulit menjadi bercahaya. Polifenol dan antioksidan proanthocyanidins oligomer dalam teh hijau dikenal dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini. Daun teh hijau juga dapat digunakan sebagai exfoliator. Caranya dengan mencampur 3 sendok teh yogurt dan 1 sendok air daun teh hijau digunakan untuk memijat wajah, setelah itu biarkan selama 5 menit kemudian cuci dengan air hangat.

4. Menyegarkan nafas

Teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab utama bau mulut dan virus yang menyebabkan penyakit gigi. Caranya dengan menggunakan teh hijau konsentrasi tinggi untuk mencuci mulut. Teh hijau juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan gusi dan mencegah tumbuhnya plak pada gigi. Teh hijau dibuat pasta gigi dengan cara mencampur cairan daun teh hijau dan satu sendok teh baking soda.

5. Menyehatkan rambut

Teh hijau dapat menghambat pertumbuhan DHT (Dihydrotestosterone) yang menghambat pertumbuhan rambut dan menyebabkan rambut rontok. Teh hijau mengatasi masalah rambut seperti ketombe dan psoriasis karena sifat antiseptiknya. Kandungan polifenol, vitamin E dan vitamin C dalam teh hijau dapat merangsang pertumbuhan rambut dan meningkatkan kilau rambut. Caranya dengan membuat bilasan rambut menggunakan 3-4 kantong teh hijau yang diseduh kedalam setengah liter air untuk bilasan terakhir setelah keramas menggunakan sampoo dan kondisioner.

6. Mencegah berbagai penyakit

Teh hijau dapat mencegah resiko reumatik dan polifenol yang terdapat dalam teh hijau akan membantu menghambat kanker kulit karena karsinogen dan sinar ultraviolet. Kandungan teofilin dalam teh hijau dapat meringankan gejala asma. Konsumsi rutin teh hijau juga membantu pencegahan penyakit degeneratif dan neurologis seperti Alzheimer dan Parkinson.

Jadi, bagaimana Sobat Female? 🙂 Konsumsi teh hijau untuk dapatkan manfaatnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *