Kenali Penyebab Rambut Rontok

Faktanya, jumlah rambut yang rontok setiap hari sekitar 100-125 helai. Rambut tumbuh sekitar setengah inchi perbulan. Setiap rambut tumbuh dengan fase berbeda yang berlangsung antara 2-6 tahun. Fase ini termasuk periode tumbuh dan istirahat sebelum rontok dan folikel rambut menumbuhkan untaian rambut baru. Tapi, bagaimana kalau rambut rontok terjadi secara berlebihan?

Penyebab Rambut Rontok
Penyebab Rambut Rontok

Untuk tahu cara merawat rambut rontok, kenali dulu jenis dan penyebabnya :

Keturunan
Faktor genetis memang tidak bisa diabaikan. Ada sebagian orang yang memiliki faktor genetik sehingga mereka lebih rentan mengalami kerontokan rambut akibat proses pertumbuhan rambut tidak normal. Memang sulit diatasi, tapi bisa diketahui dengan memeriksakan diri ke ahli kulit. Cara mengatasi rambut rontok karena faktor keturunan adalah dengan merawat secara benar dan menghindari berbagai hal yang dapat merusak kesehatan rambut.

Stres

Bukan hanya memengaruhi tubuh saja, stres akan menyebabkan rambutmu rontok dari akar secara berlebihan. Kendalikan tubuh dan pikiranmu agar stres tidak menyebabkan munculnya berbagai gangguan di tubuh terus berlanjut. Salah satu caranya adalah menikmati perawatan rambut dengan menambahkan pijatan di kulit kepala saat membersihkan rambut.

Kekurangan nutrisi
Tercukupinya nutrisi harian sangat menentukan kualitas kesehatan tubuhmu, termasuk kesehatan rambut. Diet terlalu ketat juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Pastikan kebutuhan gizimu tercukupi dari makanan yang kamu konsumsi, terutama zat gizi yang memengaruhi kesehatan rambutmu. Untuk menjaga rambut agar tetap sehat, cukupi kebutuhan vitamin A, B, C, dan E, yang berperan penting dalam pertumbuhan rambut, memperkuat akar rambut, serta melancarkan sirkulasi darah ke kepala.

Rambut rontok karena rapuh dan mudah patah
Rambut yang nggak dirawat dengan baik akan menyebabkan rambut rapuh sehingga mudah rontok karena patah di tengah. Oleh karena itu, penting selalu kebersihan rambut dan kulit kepala dengan mencucinya secara menyeluruh, dan menggunakan produk untuk rambut rapuh atau rusak.

Setelah tahu penyebab rambut rontok, selanjutnya simak tips cara mengatasi rambut rontok yuk sobat female. 🙂

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *