Beberapa Kesalahan Penyebab Perut Buncit Tetap Eksis

Beberapa orang yang menjalankan diet seringkali merasa dietnya kurang berhasil. Masih saja ada timbunan lemak di bagian perut dan susah sekali punya perut rata. Mungkin ada yang salah dengan kebiasaan sehari-hari Anda. Dikutip dari healthmeup.com, berikut 5 alasan yang mungkin menjadikan Anda kesulitan membentuk perut yang rata :

Pengaruh Umur

Tubuh saat muda dan saat tua jelas berbeda. Tubuh mengalami perubahan hormon pertumbuhan (HGH) dan kekencangan kulit. HGH adalah hormon penting yang membantu metabolisme lemak dan membangun otot. Oleh karena itu penurunan berat badan jauh lebih sulit ketika sudah lebih tua.

Jika Anda masih muda, membentuk otot perut dan membakar lemak bisa lebih mudah. Jika Anda wanita dan pernah melahirkan, perut yang bergelambir sebenarnya cukup umum jika tidak bisa kembali ke bentuk semula saat Anda masih perawan dulu.

Olahraga Yang Salah

Jika Anda ingin cepat membakar lemak, maka olahraga kardio adalah yang terbaik, namun jika Anda tidak mengimbangi dengan olahraga yang melatih otot perut, maka akan percuma. Olahraga seperti sit up, hula hoop dan squat yang bisa melatih kekencangan otot sekaligus membakar lemak.

Tidak cukup tidur

Pada kenyataannya, tidur memang berhubungan dengan berat badan Anda. Tidak cukup tidur bisa mengacaukan metabolisme tubuh dan membuat tubuh lebih sedikit membakar lemak. Terlalu banyak begadang juga membuat Anda lebih rentan ngemil atau makan makanan saat malam hari. Selalu pastikan tidur 8 jam per hari.

Stres
Stres

Anda stres

Stres bisa menyebabkan tubuh memproduksi kortisol, hormon stres yang menghambat terbakarnya kalori atau lemak menumpuk. Stres juga dapat memicu penimbunan lemak. Jadi penting sekali mengelola perasaan dan mencoba sebisa mungkin agar tidak stres.

Cara makan yang salah

Tubuh bereaksi terhadap makanan yang berbeda-beda. Ada yang cepat menurunkan berat badan dengan hanya makan 2 kali sehari, ada yang harus berjuang keras. Selalu batasi porsi makanan meskipun makanan Anda berupa sayur dan buah. Jika terlalu banyak, tetap saja bisa menumpuk kalori.

Apakah Anda sedang melakukan salah satunya? Yuk ubah kebiasaan dengan yang lebih baik agar perut tak lagi buncit.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *